Selasa, 06 Maret 2018

PENGENALAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


TUGAS INDIVIDU
SOAL DAN JAWABAN SEPUTAR INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER



1.   Apa yang dibutuhkan agar interaksi manusia dan komputer dapat berjalan dengan baik?
JAWAB :
Interaksi manusia dan komputer akan berjalan baik apabila didukung dengan skill dari manusia itu sendiri dan juga peralatan yang memadai. Seperti dalam mendesain interface seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar, tetapi juga mencakup konsep, kebutuhan user untuk mengetahui system computer dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
      Layout, tampilan dan navigasi layar system akan memberikan efek bagi pengguna melalui banyak cara. Jika hal tersebut rumit dan tidak efiesien, maka pengguna akan kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan mereka dan relatif melakukan banyak kesalahan.
2. Berikan contoh akibat buruknya perancangan suatu interface!
JAWAB :
     Ketika pilihan ‘save’ dan ‘delete’ diklasifikasikan sebagai “operasi file” dan berada dalam satu kelompok yang sama. Jika user kurang teliti atau tidak sengaja terpilih ‘delete’ padahal yang dimaksud adalah ’save’, maka akibatnya bisa ditebak. Apalagi ditambah dengan tidak adanya dialog/mekanisme konfirmasi pelaksanaan proses ’delete’. Itulah akibat buruknya perancangan interface yang menyebabkan kerugian dari user.
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
-          Skill acquisition
-          Pola perilaku kasual
-          Psikologi & desain sistem interaktif
JAWABAN :
-      Skill acquisition
Manusia dapat memperoleh keahlian dari bidang tertentu secara bertahap. Kita dapat memahami bagaimana keahlian didapatkan dan bekerja dengan melihat perbedaan antara perilaku seorang awam dan ahli.
Kita dapat mengamati cara pengelompokkan masalah yang dilakukan ahli dan pemula. Pemula cenderung mengelompokkan masalah berdasarkan karakteristiknya. Seorang ahli memperlihatkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap masalah dan pengelompokkannya berdasarkan keserupaan konsep yang mendasari masalah tersebut.
      Bagaimana keahlian didapatkan ? Salah satu model perolehan keahlian (skill acquisition) adalah ACT yang dikemukakan oleh Anderson. ACT mengidentifikasi tiga     level dasar keahlian :
  • Pemula menggunakan aturan umum (general-purposes rules) yang menginterpretasikan fakta mengenai tugas / masalah. Proses ini berjalan lambat dan membutuhkan pengaksesan memori
  • Kemudian dia membangun aturan spesifik untuk menyelesaikan tugas / masalah.
  • Aturan kemudian diadaptasi untuk meningkatkan kinerja / hasil.
  • Model kesalahan dan mental
-          Pola Perilaku Kasual
Yaitu sistim atau cara kerja dari tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan yang sederhana.
Contoh : kecelakaan pesawat.
Kita perlu mengetahui, APA yang sedang terjadi saat kita membuat kesalahan. Jika pola tingkah laku menjadi otomatis dan kita mengganti beberapa diantaranya, maka akan terjadi slip (kesalahan).
Misalnya : mampir di toko saat pulang kerja.
Kesalahan lain dapat terjadi pula dari pemahaman atau model yang salah dari situasi atau sistem. Model mental : teori untuk memahami perilaku kausal dari sistem.
-          Psikologi
Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia secara ilmiah. Para praktisi di bidang psikologi disebut sebagai psikolog.
  • Cara kita mengaplikasikan apa yang telah kita pelajari untuk mendesain system interaktif dengan cara menyajikan informasi detail dalam warna biru karena biru sulit untuk diterima oleh user. Pada kebanyakan kasus pengimplementasiannya tidak mudah. Dalam mendesain system yamg interaktif kita tidak bisa sembarangan, tetapi harus juga melihat dari ilmu psikologi karena berhubungan dengan prilaku manusia.
  • Agar dapat mengaplikasikan aspek psikologi dan memberikan hasil yang baik maka kita perlu memiliki pemahaman dalam bidang psikologi, detail dari eksperimen, pengukuran yang digunakan dan subjek yang terlibat. Dan bagusnya prinsip serta hasil penelitian dalam bidang psikologi yang berkaitan dengan perancangan system interaksi telah dibentuk menjadi panduan, model untuk membantu perancangan, serta teknik evaluasi.
4.      Bagaimana pendapat anda mengenai warna dalam Interaksi Manusia dan Komputer? Jelaskan !!
JAWABAN :
Dasar Teori :
Warna Adalah hasil dari cahaya yang terbentuk dari hue (corak), intensitas dan saturation (kejenuhan atau jumlah putih pada warna).
Orang dengan penglihatan normal mampu membedakan 125 warna yang berbeda. Penggunaan warna yang sesuai, akan mempertinggi efektifitas tampilan grafis tetapi tidak ada standar.

Beberapa aspek dalam penggunaan warna :
1.      Aspek Psikologi
􀂃 Hindari penggunaan warna tajam (cyan, biru, merah) secara simultan yg menyebabkan mata menjadi lelah.
􀂃 Pengaturan cahaya didalam ruangan diperlukan karena warna akan berubah ketika cahaya berubah.

2.      Aspek Persepsi
- Warna dapat meningkatkan interaksi jika mengikuti prinsip dasar dari penglihatan manusia.
-  Secara umum latar belakang dengan warna gelap akan memberikan kenampakan yang lebih baik dibanding warna yang lebih cerah

3.  Aspek Persepsi Penggunaan warna bertujuan untuk menarik perhatian atau pengelompokan informasi, sehingga tidak perlu menggunakan warna yang berlebihan.

Dari teori di atas, menurut saya hubungan antara warna dalam IMK, yaitu : Warna dalam komputer sangat berguna terutama sebagai perumpamaan karakter suatu desain. Jadi antara interaksi manusia dan komputer dalam warna itu sangat penting karena warna mengandung unsur sifat dari warna itu sendiri.
Saat membuat aplikasi, para desainer harus memahami psikologi warna agar pencampuran warna tidak membuat mata merasa tidak nyaman dan cepat lelah karena mata harus melakukan penyesuaian dengan warna tampilan yang digunakan.Dalam penggunaannya pun kita harus memperhatikan aspek-aspek penggunaan warna.
5.  Mengapa manusia begitu penting dalam Interaksi Manusia dan Komputer?
      Karena manusia berperan dalam menciptakan sistem yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi yang dapat disampaikan dan sebagai alat bantu pengambil keputusan. Dengan terbentuknya sistem maka dalam mengatur suatu hubungan itu menjadi lebih mudah. Manusia adalah pemahaman bagaimana suatu komputer itu dapat bekerja sehingga saling berinteraksi dalam dunia yang berbeda.

Manusia dalam IMK dipandang sebagai sistem pemroses informasi :
         Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran i-o (indera)
         Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
•     Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara.   
Ide dasarnya adalah bahwa informasi masuk dan keluar dari pikiran manusia melalui sederet langkah proses yang urut. Contoh : dalam dunia komputer sistem itu sangat penting jadi sistem itu lah yang mengatur semua hal atau komponen yang ada pada komputer tersebut.
6.      Apa yang dimaksud dengan :
-          Model Human Processor menurut Card, Moran & Newell ?
JAWABAN:
Model Human Processor (MHP)
Dari Card, Moran, dan Newell (1980an) menganggap manusia sebagai sistem pemrosesan informasi, memperkirakan kinerja sebuah model procedural, user belajar untuk mempergunakan produk dengan membuat aturan dalam penggunaannya dan 'menjalankan' model mental ketika berinteraksi dengan sistem.
Komponen MHP:
         kumpulan memori dan pemrosesan bersama
         kumpulan Prinsip Operasi
•     model diskrit dan berurutan
•     setiap tahapan mempunyai karakteristik waktu
(tambahkan waktu tiap tahapan untuk memperoleh total waktu kerja)
1983, Card, Moran dan Newell membuat Model Human Processor, terdiri dari 3 sub sistem, yaitu :
 Sistem Persepsi          : menangani sensor dari luar
 Sistem Motor             : mengontrol aksi/respon
 Sistem Kognitif          : memproses hubungan keduanya.
Masing-masing sub sistem ini mempunyai memori dan prosesor yang berbeda-beda, begitu pula dalam hal kompleksitasnya
7. Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
JAWABAN :
      Ahli dan mengetahui secara detail kegunaan dari fungsi-fungsi software. Dapat menggunakan fungsi- fungsinya dengan optimal. Membutuhkan respon yang cepat dan tidak memerlukan feedback. User memerlukan adanya perintah macro. Menu-menu yang ada Dibuat ringkas dan cepat.

REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar