TUGAS E- COMMERCE --> INDIVIDU terakhir
BAB
6
KEAMANAN
PADA E-COMMERCE
1. Menurut
anda apa yang dimaksud keamanan pada
E-COMMERCE ?
Jawab :
Menurut
saya keamanan pada E- commerce yaitu keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi
di dunia maya.
2. Sebutkan
dan jelaskan cara kerja bentuk-bentuk pengamanan pada E-COMMERCE ?
Jawab :
• Authentication (keabsahan pengirim)
Identitas pengguna/pengirim data teridentifikasi
(tidak ada kemungkinan penipuan)
• Confidentiality (kerahasiaan data)
data tidak dapat
dibaca oleh pihak yang tidak berhak
• Integrity (keaslian data)
data tidak dapat
diubah secara tidak sah
• Non-Repudiation (anti-penyangkalan)
tidak ada penyangkalan pengiriman data (dari pihak
penerima terhadap pihak pengirim)
3. Berikan
pengalaman anda saat berbelanja pada online shop tentang pengamanannya ?
Jawab :
Misalnya
belanja tas, untuk keamanan pertama, saya pastikan dulu asal barangnya,
kualitas barangnya dicek di profil penjual, kemudian cek nomor yang bisa di
hubungi, lalu coba hubungi dan tanyakan yang perlu ditanyakan agar tidak asal
pesan, kemudian jika ya, pesan dan tanyakan berapa lama sampai ketujuan dan
menggunakan jasa pengiriman apa, agar kita bisa cek nantinya.
BAB
7
KIAT
SUKSES E-COMMERCE
1. Sebutkan
dan jelaskan 9 Kiat Sukses pada E-COMMERCE ?
Jawab :
1.
Kenali Pelanggan
Hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk untuk
mempromosikan bisnis Anda adalah mengenali pelanggan Anda sedekat mungkin
sehingga Anda tahu apa yang pelanggan Anda inginkan dari produk yang Anda
tawarkan. Untuk memudahkan proses mengenali pelanggan, Anda dapat
mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan umur.
Anda juga dapat mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan
pekerjaan dan latar belakang pendidikan pelangan. Setelah mengelopokkan
pelanggan dalam beberapa kelompok, Anda perlu mencari tahu apa saja yang
dibutuhkan pelanggan-pelanggan Anda dalam tiap kelompok. Dengan demikian,
Anda dapat menarik kesimpulan tentang apa yang dibutuhkan pelanggan Anda
dari tiap kelompok dan merancang produk yang Anda tawarkan agar bisa
memenuhi kebutuhan pelanggan.
2.
Lakukan Promosi Produk
Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam memasarkan
produk Anda adalah dengan melakukan promosi produk. Sediakan waktu yang
cukup untuk mempromosikan produk Anda. Promosi produk ini sangat penting,
terutama untuk mengenalkan produk baru yang Anda produksi dan menarik
pelanggan untuk memebeli produk-produk Anda yang lain.
Usahakan promosi produk yang Anda lakukan merupakan usaha
yang konsisten dan terus-menerus sehingga para pelanggan akan terus
meminati produk Anda. Ada banyak jenis promosi yang bisa Anda lakukan
seperti memasang iklan di media cetak dan elektronik, mengirimkan pesan
kepada pelanggan Anda, juga promosi word
to mouth (WOM) atau mulut ke mulut. Anda juga harus membuat promosi
ini unik dan menarik sehingga bisa bersaing dengan produk kompetitor Anda.
3.
Ketahui Tujuan Anda
Dalam memasarkan dan mempromosikan produk Anda, Anda harus
memiliki tujuan yang jelas. Promosi yang Anda lakukan seharusnya bukanlah
hanya sebagai promosi saja, tetapi juga memiliki tujuan lain yang sama
pentingnya seperti melakukan promosi brand awareness,berinterksi
dengan konsumen, serta sebagai sarana komunikasi.
Strategi bisnis brand
awareness sangatlah penting dan akan memberikan dampak
sangat baik bagi produk-produk yang Anda produksi. Dengan melalukan
promosi brand awareness, pelanggan bisa mengetahui dan menyadari bahwa
produk Anda ada dan merupakan salah satu produk terbaik yang bisa mereka
pilih di antara produk-produk sejenis yang beredar.
4.
Manfaatkan Pemasaran Internet
Dewasa ini, strategi pemasaran melalui internet atau internet marketing sangatlah penting
dan dapat menunjang penjualan produk Anda. Berinteraksi dengan
pelanggan lewat internet juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui lebih
jauh apa yang diinginkan pelanggan Anda dari produk yang Anda buat.
Strategi pemasaran internet juga bisa dianggap strategi
pemasaran yang murah jika dibandingkan dengan teknik pemasaran lainnya. Ada
banyak strategi pemasaran internet yang bisa Anda lakukan seperti
memanfaatkan akunakun media sosial dan juga memanfaatkan pencarian mesin
pencari atau SEO. Jika Anda dapat melakukan dua strategi pemasaran
internet ini dengan baik, bisnis dan produk Anda bisa dikenal
oleh kalangan konsumen yang lebih luas dan kesempatan Anda memiliki sebuha
bisnis yang sukses akan terbuka lebar.
5.
Pilih Lokasi Strategis
Selain melakukan pemasaran dan promosi produk lewat internet,
Anda juga harus memilih lokasi bisnis yang strategis Pastikan lokasi Anda
memulai bisnis harus sesuai dengan tujuan Anda membuka usaha Anda. Tempat
ramai di mana banyak orang berlalu lalang merupakan salah satu pilihan
favorit para pemilik bisnis untuk membuka bisnis mereka.
Namun demikian, lokasi strategis tidak harus merupakan tempat
yang ramai. Lokasi strategis lebih condong kepada mendukung perkembangan
bisnis Anda di lokasi yang tepat, sesuai dengan tujuan bisnis Anda.
Contohnya, jika Anda ingin membuka toko baju, aksesoris, ataupun toko
roti, maka tempat ramai orang merupakan pilihan yang tepat. Tetapi jika
Anda ingin membuka sebuah café di mana orang bisa santai dan rileks,
tempat yang tenang mungkin akan lebih baik.
6.
Jalin Hubungan dengan Konsumen
Hal penting lain yang harus Anda perhatikan sebagai strategi
pemasaran bisnis Anda adalah menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.
Slogan “Konsumen adalah Raja” mungkin terdengar agak ekstrim bagi Anda,
tetai ini merupakan pernyataan yang tepat.
Tanpa konsumen bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik,
karena itulah Anda harus memperlakukan konsumen Anda dengan
sebaik-baiknya. Untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen, Anda harus
berkomuniksi dan menghubungi mereka, baik itu untuk meminta kritik dan
saran untuk produk yang telah mereka beli atau untuk memberi kabar promosi
terbaru yang Anda lakukan.
7.
Perluas Relasi
Memperluas relasi bisnis Anda tidak kalah pentingya sebagai
strategi pemasaran bisnis Anda. Semakin banyak relasi bisnis yang Anda
miliki, semakin besar pula kesempatan Anda untuk memperluas bisnis Anda.
Banyak pemilik bisnis yang mengabaikan hubungan baik mereka dengan pemilik
bisnis lain. Akibatnya, bisnis mereka sulit berkembang, menjadi redup, dan
kemudian terpaksa gulung tikar. Degan memiliki banyak relasi dan menjaga
hubungan baik dengan relasi bisnis Anda, Anda dapat dengan mudah
memperoleh informasi bisnis melalui relasi bisnis Anda. Anda juga dapat
dengan mudah mengajukan proposal kerja sama yang akan menguntungkan bisnis
Anda dan bisnis relasi Anda.
8.
Ukur Pencapaian
Memasang target dan mengukur pencapaian juga merupakan hal
yang sangat penting dalam menyusun startegi pemasaran bisnis Anda. Dengan
memasang target untuk bisnis Anda, Anda dapat melihat bisnis Anda berkembang
dengan lebih nyata. Mengukur pencapaian bisnis Anda juga akan membantu
dalam menentukan strategi pemasaran dan perluasan bisnis yang akan Anda
lakukan berikutnya.
Mengukur pencapaian bisnis ini juga merupakan sebuah evaluasi
terhadap apa yang telah Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis Anda
selama ini dan menentukan di mana letak kekurangan dan kelebihan bisnis
Anda agar dapat diperbaiki. Misalnya saja dalam sebuah kegiatan promosi.
Pasanglah target dan langkahlangkah yang dapat Anda lakukan untuk mencapai
target tersebut. Setelah kegiatan selesai, ukurlah pencapaian kegiatan
promosi Anda dan evaluasi langkah-langkah yang Anda lakukan selama
proses promosi berlangsung.
9.
Berpikir Out of The Box
Dalam aturan usaha berpikir di luar kotak memang bisa diandalkan.
Dalam berpikir dengan cara ini adalah berpikir dengan menggunakan
perspektif yang baru di luar masalah yang ada.
Bisa di contohkan dalam usaha, strateginya tidak berfokus
pada penurunan harga untuk memenuhi persaingan, tapi memberi nilai tambah
untuk meningkatkan penggalaman pelanggan itu sendiri (value
added). Misal jika Anda berjualan bakso, Anda bisa melakukan
diferensisasi dalam hal produk, seperti: bakso gepeng, bakso ikan,
bakso goreng , dsb. Atau bisa juga melakukan pemasaran dengan paket bakso
beserta minuman agar memudahkan pelanggan Anda dalam memilih. Dalam
strategi pemasaran Nordstrom mengungkapkan 'Berfokus Anda pada kualitas
pengalaman pelanggan dan bukan pada harganya yang sangat efektif'.
2. Apa
perbedaan social media dan social network ? berikan contohnya
Jawab :
Social media menjadi media untuk menciptakan koneksi antara pengguna komputer dan
jaringan, sedangkan social network menjadi alat (jaringan)
yang memperkuat koneksi antara pengguna melalui minat, passion, ketertarikan
pada suatu hal yang sama (yang tersedia di dalam social media)
Didalam
komunikasinya, social media memiliki jenis komunikasi satu
arah (one way communication), sedangkan social network memiliki
komunikasi dua arah.
Social media membantu untuk menyediakan komunikasi dengan para pengguna internet
searah dan umum, sedangkan social network meningkatkan komunikasi dengan para
pengguna internet tersebut secara lebih pada satu atau beberapa pengguna,
diskusi (conversation) menjadi kunci utama didalam komunikasi ini.
Social Media menekankan pada status (apa yang diposting/input di social media),
sedangkan social network menekankan pada peningkatan dari status di social
media tersebut.
Social media lebih kepada sebuah media (wadah) untuk membantu pengguna internet
untuk dapat berbagi informasi, konten digital, dan data ke seluruh pengguna
internet. Sedangkan pada social network lebih ditekankan pada
hubungan melalui jaringan(network)
Waktu respon social
media tidak secepat didalam social network, contohnya komentar pada sebuah
postingan social media akan diperoleh secara bertahap, begitu juga respon
komentar dari penulis postingan, namun pada social network mengingat sifat
komunikasi dua arah dan jaringan/komunitas (minat yang sama) sehingga respon
komentar akan lebih cepat diperoleh.
*
Contoh Aplikasi Sosial Media.
CNN,
BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai
pengganti koran/majalah.
Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang
merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk
mencari berita.
Youtube, seleb.tv, metacafe dan website
sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya
sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
*Contoh
Aplikasi Sosial Network
Twitter, Facebook, FriendsterAplikasi
yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi
pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa
seperti foto – foto.
Youtube, Devianart Disini para user dari pengguna
website ini saling meng-share konten- konten media, baik seperti video, ebook,
gambar, dan lain – lain.
MySpace.com adalah
situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil
pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh
dunia
Multiply.com adalah
salah satu layanan Blogging yang digemari saat ini karena menyediakan fasilitas
lengkap untuk para blogger, seperti blog itu sendiri, foto album, guestbook,
music, video, link, review, dan lainnya.
3. Apa
peran social media dan social network pada E-COMMERCE ?
Jawab :
Keduanya
sangat berperan penting dalam e- commerce, karena saling berhubungan dan saling
membutuhkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar