TUGAS INDIVIDU VII --> INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
BAB
XIII
AUDIO
DAN AGENT
1. Apa
perbedaan audio dan agent pada Interaksi Manusia dan Komputer ?
Jawab
:
Audio Dalam sistem komunikasi
bercirikan suara, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah
ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem - sistem yang berkaitan
dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan / penangkapan
suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainny. Sedangkan
Agent
Ialah perantara / perwakilan yang aktif dan mampu menghasilkan efek tertentu
(dictionary). Agent sering juga disebut bot / software yang mampu mengumpulkan
informasi tanpa perlu ada kehadiran manusia, yang membantu user dan
menggantikan peran user melaksanakan tugas yang berhubungan dengan komputer.
2.
Menurut anda apakah Pengenalan
audio dan agent yang diterapkan dalam tampilan interface, sudah sukses ? berikan penjelasan.
Jawab :
Ia.
karena keduanya saling melengkapi dan sangat dibutuhkan oleh user yang
menggunakannya, contohnya stasiun televisi di indonesia.
BAB
IV
SISTEM
BERSENSOR GANDA
1.
Jelaskan apa yang dimaksud text,
hiperteks, hypermedia, hydomis berserta contohnya.
Jawab :
Text : Text adalah suatu text yang memberikan suatu
informasi dan tidak menggunakan proses formatting text khusus yang biasanya
menjelaskan bagaimana suatu program berjalan, lalu memberi bimbingan pada user
dalam menjalankan suatu navigasi tertentu.
Contoh
: terdiri dari huruf, kata, kalimat,
hingga paragraf
Hiperteks : Hypertext adalah text yang berhubungan dengan
dokumen lain atau teks yang nge-link ke informasi lain. Pada link dalam dokumen
hypertext apabila di klik, maka dapat dengan cepat menuju/ melompat ke konten
yang berbeda.
Contoh
: web menggunakan html
Hypermedia : Hypermedia
adalah media yang tidak hanya memuat teks saja, namun juga foto, audio dan
video dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu.
Contoh : majalah digital atau berita pada
situs web tertentu
Hydomis : HyDoMiS (Hyperdocument Meta-information System)
Perkembangan
teknologi jaringan komputer mengharuskan organisasi untuk membangun dokumen
hypermedia yang bertujuan bisnis, pendidikan maupun sosial. Dokumen-dokumen
yang dimasukkan ke dalam kategori hypermedia disebut dengan hiperdokumen
(hyperdocument) karena dokumen tersebut berada di dunia hiper.Metadata secara
umum dikenal dengan data tentang data atau informasi tentang informasi
Contoh:
<html>
<head>
<meta name="GENERATOR"
content="Microsoft FrontPage 5.0">
<meta name="ProgId"
content="FrontPage.Editor.Document">
<meta http-equiv="Content-Type"
content="text/html; charset=windows-1252">
<title>New Page 1</title>
</head>
<body>
</body>
</html>
2.
Apa fungsi dari sistem pengenalan gerak,
computer vision, aplikasi sistem multimedia serta realitas virtual dan berikan
contoh masing-masing.
Jawab :
sistem
pengenalan gerak
Fungsi
dari sistem pengenalan gerak adalah untuk mekukan pergerakan mengontrol
komputer. Contohnya, teknologi vision system
computer
vision
Sistem
visi yang baik memungkinkan komputer mengenali user dan membentuk system yang
sesuai permintaan. Contoh : Salah satu aplikasi komputer visi adalah Argus.
Argus adalah salah satu aplikasi dari komputer visi yang berfungsi sebagai
penjaga pintu digital. Argus bekerja sama dengan mendeteksi wajah para tamu dan
mencocokkannya dengan data yang ada. Argus bekerja secara otomatis. Jika wajah
yang akan memasuki pintu tidak dikenal maka pintu tidak akan terbuka, kecuali sistem
keamanan telah diberi perintah terlebih dahulu. Argus biasanya dipakai pada
kantor-kantor atau apartemen mewah.
aplikasi
sistem multimedia
Untuk
user yang mengalami gangguan bicara dan pandangan, system multi-media
menyediakan beberapa alat komunikasi, termasuk synthetic speech dan komunikasi
berdasarkan teks dan system konferensi. Speech input dan output merupakan salah
satu pilihan bagi yang tidak mengalami gangguan bicara. Contoh : Eyegaze yang
mengikuti gerakan mata untuk mengontrol kursor atau driver keyboard yang
dipasang di kepala user. Gerakan iayarat dan movement tracking dapat digunakan
oleh user sebagai alat kontrol.
realitas
virtual
Realitas virtual (virtual reality) berhubungan dengan
simulasi yang diciptakan komputer atas suatu situasi di mana user seolah-olah
berada dalam situasi itu. Sebagai input digunakan sarung
tangan yang dapat memberikan informasi berdasarkan gerak. Umpan balik dapat
disertakan ke dalam sarung tangan tersebut sehingga user seolah-olah dapat
merasakan hentakan ketika menggenggam sesuatu objek. Contoh : Permainan 3
dimensi.
REFERENSI
Aditya, Edward. 2010. Pengertian Audio & Agent.
(09.05.2018
: 23.00)
Sismul.2014. Pengertian Dan Definisi Text Dan Hypertext.
https://pasukansedekah.wordpress.com/2014/03/14/pengertian-dan-definisi-text-dan-hypertext/
(09.05.2018 : 23.30)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar