Minggu, 13 Mei 2018

AUDIO DAN AGENT dan SISTEM BERSENSOR GANDA


TUGAS INDIVIDU VII --> INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

BAB XIII
AUDIO DAN AGENT
1.       Apa perbedaan audio dan agent pada Interaksi Manusia dan Komputer ?
          Jawab :
                    Audio Dalam sistem komunikasi bercirikan suara, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem - sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan / penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainny. Sedangkan
Agent Ialah perantara / perwakilan yang aktif dan mampu menghasilkan efek tertentu (dictionary). Agent sering juga disebut bot / software yang mampu mengumpulkan informasi tanpa perlu ada kehadiran manusia, yang membantu user dan menggantikan peran user melaksanakan tugas yang berhubungan dengan komputer.
2.       Menurut anda apakah Pengenalan audio dan agent yang diterapkan dalam tampilan interface, sudah  sukses ? berikan penjelasan.
          Jawab :
          Ia. karena keduanya saling melengkapi dan sangat dibutuhkan oleh user yang menggunakannya, contohnya stasiun televisi di indonesia.


BAB IV
SISTEM BERSENSOR GANDA
1.             Jelaskan apa yang dimaksud text, hiperteks, hypermedia, hydomis berserta contohnya.
Jawab :
Text :    Text adalah suatu text yang memberikan suatu informasi dan tidak menggunakan proses formatting text khusus yang biasanya menjelaskan bagaimana suatu program berjalan, lalu memberi bimbingan pada user dalam menjalankan suatu navigasi tertentu.
Contoh     : terdiri dari huruf, kata, kalimat, hingga paragraf

Hiperteks :  Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain atau teks yang nge-link ke informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext apabila di klik, maka dapat dengan cepat menuju/ melompat ke konten yang berbeda.
Contoh            : web menggunakan html

Hypermedia : Hypermedia adalah media yang tidak hanya memuat teks saja, namun juga foto, audio dan video dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu.
Contoh            : majalah digital atau berita pada situs web tertentu
Hydomis : HyDoMiS (Hyperdocument Meta-information System)
Perkembangan teknologi jaringan komputer mengharuskan organisasi untuk membangun dokumen hypermedia yang bertujuan bisnis, pendidikan maupun sosial. Dokumen-dokumen yang dimasukkan ke dalam kategori hypermedia disebut dengan hiperdokumen (hyperdocument) karena dokumen tersebut berada di dunia hiper.Metadata secara umum dikenal dengan data tentang data atau informasi tentang informasi
Contoh:

<html>
<head>
<meta name="GENERATOR" content="Microsoft FrontPage 5.0">
<meta name="ProgId" content="FrontPage.Editor.Document">
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=windows-1252">
<title>New Page 1</title>
</head>
<body>
</body>
</html>
2.             Apa fungsi dari sistem pengenalan gerak, computer vision, aplikasi sistem multimedia serta realitas virtual dan berikan contoh masing-masing.
Jawab :
sistem pengenalan gerak         
Fungsi dari sistem pengenalan gerak adalah untuk mekukan pergerakan mengontrol komputer. Contohnya, teknologi vision system
computer vision
Sistem visi yang baik memungkinkan komputer mengenali user dan membentuk system yang sesuai permintaan. Contoh : Salah satu aplikasi komputer visi adalah Argus. Argus adalah salah satu aplikasi dari komputer visi yang berfungsi sebagai penjaga pintu digital. Argus bekerja sama dengan mendeteksi wajah para tamu dan mencocokkannya dengan data yang ada. Argus bekerja secara otomatis. Jika wajah yang akan memasuki pintu tidak dikenal maka pintu tidak akan terbuka, kecuali sistem keamanan telah diberi perintah terlebih dahulu. Argus biasanya dipakai pada kantor-kantor atau apartemen mewah.
aplikasi sistem multimedia
Untuk user yang mengalami gangguan bicara dan pandangan, system multi-media menyediakan beberapa alat komunikasi, termasuk synthetic speech dan komunikasi berdasarkan teks dan system konferensi. Speech input dan output merupakan salah satu pilihan bagi yang tidak mengalami gangguan bicara. Contoh : Eyegaze yang mengikuti gerakan mata untuk mengontrol kursor atau driver keyboard yang dipasang di kepala user. Gerakan iayarat dan movement tracking dapat digunakan oleh user sebagai alat kontrol.
realitas virtual
Realitas virtual (virtual reality) berhubungan dengan simulasi yang diciptakan komputer atas suatu situasi di mana user seolah-olah berada dalam situasi itu. Sebagai input digunakan sarung tangan yang dapat memberikan informasi berdasarkan gerak. Umpan balik dapat disertakan ke dalam sarung tangan tersebut sehingga user seolah-olah dapat merasakan hentakan ketika menggenggam sesuatu objek. Contoh : Permainan 3 dimensi.

REFERENSI

Aditya, Edward. 2010. Pengertian Audio & Agent.

(09.05.2018 : 23.00)


Sismul.2014. Pengertian Dan Definisi Text Dan Hypertext.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar