TUGAS INDIVIDU VI --> INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
BAB XI
BAB XI
COMPUTER-SUPPORTED
COOPERATIVE WORK (GROUPWARE)
1.
Apa yang di maksud dengan
Computer - Supported Cooperative Work dan Groupware ?
Jawab :
Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah
bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk
mendukung kerja kelompok. Hasil dari CSCW adalah groupware. Sehingga groupware
merupakan jenis software yang mendukung kerja kelompok (workgroup) yang
terhubung ke jaringan dengan kebutuhan bekerja sama.
2. Sebutkan
kerangka kerja dan implementasi groupware!
Jawab :
Kerangka kerja groupware yaitu
·
Matriks waktu dan ruang
·
Shared informasi
·
Komunikasi dan kerja
·
Awareness (kesadaran)
Implementasi groupware yaitu
· Umpan balik dan jeda dari jaringan
· Arsitektur Groupware
· Feedthrough dan Network Traffic
· Graphical Toolkits
· Robustness dan Skalabilitas
· Skala dan pengujian
3. Sebutkan
bagian - bagian dari Computer - Supported Cooperative Work!
Jawab :
· . Group ware tempat yang sama(colocated) dan waktu yang sama (synchronous)
· Group ware
tempat yang sama(colocated) dan waktu yang berbeda (asynchronous)
· Group ware
tempat yang beda(remote) dan waktu yang sama(synchronous)
· Group ware
tempat yang beda (remote) dan waktu yang
beda (asynchronous)
BAB
XII
VISUALISASI
INFORMASI
1. Apa
yang anda ketahui tentang visualisasi informasi dalam interaksi manusia dan
komputer?
Jawab :
Visualisasi informasi adalah suatu metode penggunaan komputer
untuk menemukan metode terbaik dalam menampilkan data untuk mengingat informasi
rekayasa dalam pembuatan
gambar, diagram, grafik atau animasi untuk penampilan suatu informasi.
2.
Menurut anda Bagaimana
penerapan visualisasi informasi pada bidang- bidang berikut :
• Pendidikan (ilmu pengetahuan)
• visualisasi disain produk
• multimedia interaktif
Jawab :
• Pendidikan
(ilmu pengetahuan)
Salah
satu contoh penerapan dalam bidang pendidikan yaitu e-learning. Pendidikan yang
berbasis Teknologi Informasi memberikan banyak manfaat, antara lain:
–
Tidak lagi tergantung pada ruang dan
waktu. Artinya tidak ada halangan berarti untuk melaksanakan kegiatan belajar
mengajar lintas daerah, bahkan lintas negara misalnya melalui e-learning.
–
Dengan adanya e-learning, pengajar dan
siswa tidak lagi selalu harus bertatap muka dalam ruang kelas pada waktu
bersamaan.
– Tidak
memerlukan biaya mahal. Seorang pelajar di daerah dapat belajar langsung dari
pakarnya di pusat melalui fasilitas internet chatting atau mengakomodir suara
dan bahkan gambar realtime.
– Sekolah-sekolah
dapat dengan mudah melakukan kerjasama yang saling menguntungkan. Sekolah
yang lebih maju dapat membantu sekolah yang belum maju sehingga dapat
diupayakan adanya pemerataan mutu pendidikan.
• visualisasi
desain produk
Misalnya
dalam pembuatan desain logo, desain spanduk, dll
• multimedia
interaktif
- Tutorial
Multimedia
dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan berbasiskan komputer, sebagai contoh
perusahan menyediakan tutorial yang interaktif bagi karyawan baru untuk
mempelajari prosedur-prosedur di perusahaan.
REFERENSI
Pratama, Andhi Widya.2013. COMPUTER-SUPPORTED COOPERATIVE WORK (GROUPWARE).
https://humcomint.wordpress.com/2013/11/25/computer-supported-cooperative-work-groupware/
(30.04.2018 : 17.00)
SUGIARTO.2011. GROUPWARE.
http://kangmassugiarto.blogspot.co.id/2011/07/groupware.html(03.04.2018
: 17.00)
Nurwono, Wira .2015. CSCW (Computer Supported Cooperative Work).
http://wiranurwono.blogspot.co.id/2015/01/cscw-computer-supported-cooperative-work.html
(03.04.2018 : 17.40)
Merilistiani.2012.implementasi teknologi informasi pada bidang pendidikan. https://merilistiani.wordpress.com/2012/07/04/implementasi-teknologi-informasi-pada-bidang-pendidikan/ (03.04.2018 : 17.50)
Aldinurzah .2012.APLIKASI dan PENERAPAN MULTIMEDIA.
http://aldinurzah.blogspot.co.id/2012/03/aplikasi-dan-penerapan-multimedia.html
(03.04.2018 : 18.50)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar