TUGAS INDIVIDU II --> E-COMMERCE
BAB
4
MOBILE
–COMMERCE
1.
Menurut Anda apa yang di maksud dengan
MOBILE -COMMERCE ? serta berikan contohnya.
Jawab
:
Mobile Commerce adalah
sistem perdagangan elektronik dengan menggunakan peralatan portable / mobile.
Contohnya :
Layanan
Perbankan : Mobile Banking BRI
2.
Apa yang melatar belakangi munculnya
MOBILE -COMMERCE ?
Jawab
:
Karena
banyaknya penjualan online sehingga para programmer membuat suatu inovasi yaitu
membuat mobile commerce.
3.
Bagaimana cara kerja MOBILE -COMMERCE ?
Jawab :
1. Mengatur Mobile Website Anda
2. Klaim Bisnis Anda Pada Platform Yang Berbasis Lokasi
Anda
harus klaim bisnis Anda pada platform yang berbasis lokasi seperti
Foursquare, Gowalla dan Facebook
Places, terutama jika Anda mempunyai sebuah lokasi brick-and-mortar.
3. Libatkan Diri Anda
4.
Apa yang di maksud dengan smart city ?
dan apakah di Indonesia sudah menerapkan smart city ? jika ya tolong di
jelaskan.
Jawab
:
Smart city
adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan
masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien,
serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk
mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya,
Ya, Smart City di Indonesia telah
diterapkan
·
DKI Jakarta
·
Bandung
·
Balikpapan
·
Makasar
·
Surabaya
DKI Jakarta
Telah membuat sebuah portal untuk Warga DKI Jakarta : http://smartcity.jakarta.go.id/
Bandung
·
Telah terdapat 5000 wifi disetiap ruang public
·
pelayanan public lewat jaringan sosial media seperti
twitter
·
setiap dinas memiliki data digital
·
kartu parkir berbayar
·
smart goverment dengan mengupgread sistem di
pemerintahan dari paper ke paperless dengan sistem informasi yang user frendly
·
Bandung akan punya kota pintar yang akan dinamai
Bandung Technopolis seluas 400 hektar. Kota pintar di Gede Bage itu nantinya
akan menjadi prototipe penerapan smart city di Indonesia
Balik papan
·
Balikpapan didirikan data center terbesar di indonesia
·
Kota yang berbabis cerdas teknologi ini akan
menghasilkan kreativitas digital ( Digital Creative Center) bagi para pengguna
teknologi yang ada di Kalimantan timur, khususnya Balikpapan.
·
Data center di Balikpapan sudah mengalahkan Luas data
center yang ada di Surabaya (5.500 m2), sentul (8.000 m2) dan serprong (20.000
m2)
Makasar
·
Jalan Layang di Pantai Losari Dari Belakang HGM (Hotel
Golden Makassar) ke Depan Fort Rotterdam
·
Smart Hospital, menambahkan perangkat sensor pada
pasien (location tracking devices) dan papan status yang ditempatkan diruang
tunggu untuk melacak keberadaan pasien (electronic status board)
·
Smart Parking Censor Platform, fitur mengisi
bensin dan menambahkan fitur cuci kendaraan dan service
·
Balikpapan, Telkom juga berencana membangun pusat
kreativitas digital (digital creative center), sebagai fasilitas berbasis
teknologi canggih.
·
1.000 titik akses koneksi internet berbasis wireless
melalui @wifi.id di berbagai lokasi di Balikpapan
Surabaya
·
Kota Surabaya adalah kota yang memenangkan ajang
Smart City Award 2011 yakni Smart Environment, Smart Living, dan Smart Governance.
·
Di Surabaya banyak terdapat open space, bahkan
surabaya sudah meningkatkan ruang terbuka hijau menjadi 40%. Salah satu taman
di surabaya membuat kota Surabaya mendapat penghargaan dari adiwiyata dan taman
terbaik di Asia.
·
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus
ekploratoris yang berbekal sedikit teori dan mengeksplorasi fenomena kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa proses pembangunan Kota Surabaya menuju
Smart City
BAB
5
CONTOH
APLIKASI DAN LAYANAN E-COMMERCE
1.
Sebutkan dan jelaskan penerapan aplikasi
E-COMMERCE !
Jawab :
-
PENDIDIKAN yaitu seperti penjualan buku
mata pelajaran,
-
TRANSPORTASI yaitu seperti Gojek online,
Grab dll,
-
TEKNOLOGI yaitu seperti penjualan tv,
alat olahraga, dll,
-
KULINER yaitu seperti deliveri makanan,
pengenalan beragam resep makanan,
-
PARIWISATA yaitu seperti pengenalan
wisaa tanjung karang, permandian air panas bora, dll
2.
Sebutkan masing-masing 5
layanan E-COMMERCE yang trend saat ini di dunia dan di indonesia! serta berikan
data statistis masing-masing layanan E-COMMERCE tersebut berada di urutan
keberapa.
Jawab :
5
Layanan e- commerce yaitu
-
Amazone
-
hmv
-
lazada
-
olx
-
tokopedia
Data
statistis dari layanan e- commerce di atas yaitu toko pedia pada urutan
pertama, lazada urutan kedua, olx urutan ke tujuh,
REFERENSI
SADCHALIS, RAHMAT.2015. Mobile Commerce (M-Commerce).
https://rahmatsadchalis15.blogspot.co.id/2015/06/mobile-commerce-m-commerce.html
(06.05.2018 : 14.40)
Digitalmarketer.id.2015. 5 Langkah Sederhana untuk Memulai Mobile Marketing.
(06.05.2018 : 15.40)
Yusiardi, Purwo.2015.Pengertian dan Manfaat dari Smart City.
http://purwo-unsada.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-dan-manfaat-dari-smart-city.html
(06.05.2018 : 21.10)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar