BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pengertian Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian e- commerce ?
2. Apa saja faktor- faktor pendukung e-commerce?
3. Sebutkan penerapan aplikasi e- commerce?
4. Apa saja contoh aplikasi dan layanan e- commerce ?
1.3 Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian e- commerce !
2. Untuk mengetahui faktor pendukung e- commerce!
3. Untuk mengetahui penerapan aplikasi e- commerce!
4. Untuk mengetahui contoh aplikasi dan layanan e- commerce!
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian E- Commmerce
Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
2.2 Faktor- faktor Pendukung E- commerce
Faktor- faktor pendukungnya yaitu
· Perkembangan teknologi informasi ,
· Perkembangan perangkat keras komputer yang memungkinkan komputer dekstop,
· Perkembangan perkembangan luanak komputer dalam bentuk apliaksi dan sistem operasi
· Pekembangan jaringan komputer yanga makain meluas
· Gaya hidup masyarakat
· Dukungan dari pihak laian seperti bank
2.3 Penerapan Aplikasi E- Commerce
Penerapannya seperti
- PENDIDIKAN yaitu seperti penjualan buku mata pelajaran,
- TRANSPORTASI yaitu seperti Gojek online, Grab dll,
- TEKNOLOGI yaitu seperti penjualan tv, alat olahraga, dll,
- KULINER yaitu seperti deliveri makanan, pengenalan beragam resep makanan,
- PARIWISATA yaitu seperti pengenalan wisaa tanjung karang, permandian air panas bora, dll
2.4 Contoh Aplikasi dan Layanan E- Commerce
2.2.1 Business-to-Business (B2B)
B2B e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan. Produsen dan pedagang tradisional biasanya menggunakan jenis e-commerce ini.
Transaksinya menggunakan EDI (Elektronikm data Interchange) dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi. B2B juga digunakan untuk pengiriman dan penerimaan berupa proposal bisnis.
Contoh :
G
Unilever adalah perusahaan penghasil produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia. Unilever adalah salah satu customers dari PT. Electronic Data Interchange Indonesia.
2.4.2 Business-to-Consumer (B2C)
B2C adalah kegiatan e-business dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Transaksi penjualan dapat dilakukan di intenet dan pemesanan langsung dilakukan oleh konsumen dengan melihat harga - harga yang sudah tercantum.
Contoh :
Asus Store (store.asus.com)
Asus Store adalah sebuah website E-Commerse yang baru didirikan oleh Asus yang menjual smartphone buatan asus langsung kepada konsumen. Oleh karena itu asus store juga termasuk kedalam Website E-Commerse B2C.
2.4.3 Consumer-to-Consumer (C2C)
C2C merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga yang menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut.
Contoh :
Carmudi (carmudi.co.id)
Gambar 2.4.3 Contoh Consumer to Consumer( C2C)
Carmudi.co.id adalah situs jual beli kendaraan yang memberikan penawaran terbaik dalam pasar mobil di Indonesia. Di carmudi.co.id pengunjung situs dapat mengiklankan mobil yang akan dijual ataupun jika ingin membeli mobil, pengunjung situs dapat mencari mobil mobil yang ditawarkan oleh pengunjung lain di carmudi.co.id
2.4.4 Consumer-to-Business (C2B)
C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran atau jual beli barang secara tradisional, meliputi individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi.
Contoh :
Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan. Para pengembang dapat mengupload produk – produk nya di google play. Produk yang telah di upload ke google play kemudian akan ditawarkan oleh google ke pengguna. Dengan kerjasama ini berarti pengembang bertindak sebagai consumer dan google sebagai business yang menampung produk- produk dari para pengembang.
2.4.5 Business-to-Administration (B2A)
B2A adalah jenis e-commerce yang mencakup semua transaksi yang dilakukan secara online antara perusahaan dan administrasi publik.
Jenis e-commerce ini melibatkan banyak layanan, khususnya di bidang-bidang seperti fiskal, jaminan sosial, ketenagakerjaan, dokumen hukum dan register, dan lainnya.
Contoh :
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan.
Layanan Peserta
BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi kebutuhan layanan kepesertaan bagi tenaga kerja maupun perusahaan (pemberi kerja)
2.4.6 Consumer-to-Administration (C2A)
Jenis C2A meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara individu dan administrasi publik.
Contoh area yang menggunakan jenis e-commerce ini adalah :
- Pendidikan – penyebaran informasi, proses pembelajaran jarak jauh, dan lainnya
- Jamsostek – penyebaran informasi, pembayaran, dan lainnya
- Pajak – pengajuan pajak, pembayaran pajak, dan lainnya
- Kesehatan – janji pertemuan, informasi mengenai penyakit, pembayaran layanan kesehatan dan lainnya
Contoh :
Zenius Education (Portal Belajar SD-SMA) (https://www.zenius.net/)
Zenius Education adalah website pendidikan yang menyediakan berbagai materi pembelajaran mulai dari tingkat SD hingga SMA. Guru bisa memanfaatkan situs ini sebagai sumber belajar dimana siswa diminta untuk mencari materi yang sedang dipelajari. Guru juga bisa memanfaatkan situs belajar online ini untuk meng-eksplorasi kemampuan siswa melalui latihan soal secara online.
2.4.7 Online-to-Offline (O2O)
O2O adalah jenis e-commerce yang menarik pelanggan dari saluran online untuk toko fisik. O2O mengidentifiaksikan pelanggan di bidang online seperti email dan iklan internet, kemudian menggunakan berbagai alat dan pendekatan untuk menarik pelanggan agar meninggalkan lingkup online.
Contoh :
Gambar 2.4.7 Contoh Online to Offline( O2O)
Sistem taksi online membuat para pengguna menggunakan aplikasi untuk memesan taksi secara online, lalu pengguna akan menggunakan jasa taksi tersebut secara offline tentunya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pengertian Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Faktor- faktor pendukung E- Commerce yaitu
· Perkembangan teknologi informasi ,
· Perkembangan perangkat keras komputer yang memungkinkan komputer dekstop,
· Perkembangan perkembangan luanak komputer dalam bentuk apliaksi dan sistem operasi
· Pekembangan jaringan komputer yanga makain meluas
· Gaya hidup masyarakat
· Dukungan dari pihak laian seperti bank
Penerapan E- Commerce yaitu
- PENDIDIKAN yaitu seperti penjualan buku mata pelajaran,
- TRANSPORTASI yaitu seperti Gojek online, Grab dll,
- TEKNOLOGI yaitu seperti penjualan tv, alat olahraga, dll,
- KULINER yaitu seperti deliveri makanan, pengenalan beragam resep makanan,
- PARIWISATA yaitu seperti pengenalan wisaa tanjung karang, permandian air panas bora, dll
Contoh Aplikasi dan Layanan E- Commerce yaitu
· Business to Business
· Business to Consumer
· Consumer to Consumer
· Consumer to Business
· Business to Administration
· Consumer to Administration
· Online to Offline
3.2 Saran
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang Contoh Aplikasi dan layanan E- Commerce, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca. Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Untuk itu, kepada para pembaca agar memberi masukan demi perbaikan pembuatan makalah ini di masa yang akan mendatang dan kami mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
DAFTAR PUSTAKA
Rebecca Jenis-Jenis E-Commerce & Contohnya.
https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-e-commerce/ (100418:10.36 WITA)
novigun.2017. Jenis-jenis e-business dan contohnya.
http://penyelesaiantugasku.blogspot.co.id/2017/07/jenis-jenis-e-business-dan-contohnya.html (100418: 10.49 WITA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar