TUGAS INDIVIDU III --> INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
BAB V
DAYA GUNA
1. Apa yang
dimaksud dengan Internasional Organization for Standardization (ISO)? Serta
Jelaskan Atribut daya guna menurut ISO 1998!
Jawab:
ISO adalah suatu asosiasi global yang terdiri dari badan-
badan standarisasi nasional yang beranggotakan tidak kurang dari 140 negara.
ISO merupakan suatu organisasi di luar pemerintahan yang berdiri sejak tahun
1947.
Atribut daya
guna menurut ISO 1998 yaitu tingkat produk dapat
digunakan yang ditetapkan
oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam
menggunakan (ISO,1998).
1.
Efektifitas : ketelitian
dan kelengkapan dimana user mencapai tujuan.
2.
Efisiensi : sumber daya
pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user.
3.
Kepuasan : bebas dari ketidak
nyamanan dan sikap positif dalam menggunakan produk.
2.
Sebutkan dan
jelaskan 6 atribut daya guna!
Jawab:
Terdapat 6 atribut
daya guna antara lain :
1
Efektifitas : ketelitian dan kelengkapan dimana penggguna mencapai gol
mereka.
2. Learnabilitas
: mudah untuk dipelajari untuk user baru
3. Efesiensi
: steady state penampilan pengguna ahli
4. Memorabilitas
:mudah didalam menggunakan sistem dan perintah-perinyahnya mudah diingat
5. Kesalahan
: tingkat kesalahan yang kecil
6. Kepuasana
subjectif : bagaimana sistem nyaman digunakan
3.
Jelaskan pengertian daya guna Heuristik serta sebutkan
prinsip- prinsipnya!
Jawab:
Daya Guna HEURISTIK Merupakan
prinsip atau panduan untuk merekayasa bentuk user interface dengan 10 prinsip :
a. Dialog yang Sederhana dan Alami
User interface mestilah seringkas mungkin dan
bersifat natural dialogue. Setiap dialog seharusnya menghindari
perintah-perintah yang tidak perlu dan tidak ada hubungannya dengan interface,
karena untuk setiap elemen baru yang ditambahkan merupakan sebuah masalah baru yang
harus dipelajari oleh pengguna.
Pendekatan yang harus digunakan adalah dengan hanya
menampilkan perintah yang diperlukan.
b. Berbicara dengan Bahasa Pengguna
Dialog seharusnya menggunakan bahasa yang dipahami
oleh user. Penggunaan singkatan dan bahasa yang
tidak jelas harus dihindari. Menghindari perintah-perintah yang
berorientasi mesi atau bahasa pemrograman.
c. Mengurangi Beban Ingatan Pengguna
User tidak seharusnya dibebani untuk menginat atau
menghafal pada saat berinteraksi dengan sistem.
d. Konsisten
User interface
yang konsisten terlihat dalam menampilkan suatu interface yang menghindarkan
user dari kesalahan saat menggunakan suatu perintah atau fungsi untuk pertama kali
e. Sistem Timbal Balik
Sistem sebaiknya memberitahu pengguna atas segala
aktifitas yang sedang berlangsung (status sistem) . Sistem yang menunggu input
dari pengguna, memproses input, menampilkan output, dll
f. Jalan Keluar yang Jelas
Sistem harus dapat memberikan penjelasan tentang
kondisi dan solusi untuk menghindari user terjebak dalam tampilan-tampilan
yang tidak diinginkan saat berinteraksi dengan sistem
g. Jalan pintas
Berguna
untuk membantu user agar dapat menggunakan berbagai fungsi dengan mudah.
h. Pesan Kesalahan yang Baik
Sistem
sebaiknya menyediakan mekanisme pemberitahuan kesalahan dan menunjukan situasi
bahwa user berada dalam kondisi bermasalah serta membantu user untuk lebih
memahami sistem.
Pesan-pesan
kesalahan yang baik (good error messages,
aturan dalam menampilkan
pesan
kesalahan:
- Pesan kesalahan yang digunakan harus jelas
dan mudah dipahami
- Pesan yang disampaikan harus bersifat
khusus
- Pesan
kesalahan hendaknya menyediakan cadangan
penyelesaian atas kesalahan yang dilakukan
- Penyampaian pesan dilakukan dengan sopan
i. Mencegah Kesalahan
Sistem
interface yang baik harus mampu membuat user menghindari kesalahan.
j. Bantuan dan Dokumentasi
Merupakan kemudahan
yang diberikan dalam kebanyakan sistem, menjelaskan cara menggunakan sistem, ciri-ciri
khusus sistem, dan mengizinkan user untuk mengendalikan sistem dengan
lebih baik.
BAB VI
DESAIN
1. Menurut anda,
Mengapa dalam membuat desain interface membutuhkan desain yang universal(
diterima secara umum)?
Jawab:
Karena
setiap user interface akan memperhatikan desain yang baik untuk universal, artinya
ketika kita membuat suatu desain kita harus lebih kreatif agar pengguna
interface dapat menerima desain yang universal
2.
Apa yang
dimaksud dengan User Centered Design(UCD) ? Jelaskan!
Jawab :
UCD (user Centered Design) merupakan paradigma
baru dalam pengembangan sistem berbasis web. UCD didefinisikan sebagai "efficiency"
the practice of designing a product so that users can perform required
operation, service, and supportive tasks with a minimum of stress and maximum
of efficiency. Perancangan berbasis pengguna (UCD) adalah istilah yang
digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah
pengguna sebagai pusat dari pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat,
konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna.
3.
Sebutkan dan
jelaskan komponen antar muka!
Jawab :
a. Model
pengguna : model konseptual yang diinginkan pengguna dalam memanipulasi
informasi dan proses yang diaplikasikan pada informasi tersebut.
b. Bahasa perintah (command
language) : peranti pemanipulasian model, idealnya dengan menggunakan bahasa
alami.
c. Umpan balik : untuk memberi
keyakinan bahwa program telah menerima perintah pengguna dan dapat memahami
maksud perintah tersebut termasuk kemampuan sebuah program yang membantu
pengguna untuk mengoperasian program itu sendiri.
d. Tampilan informasi : digunakan
untuk menunjukkan status informasi atau program ketika pengguna melakukan suatu tindakan.
DAFTAR PUSTAKA
Ditaarisky.2016. Daya guna.
https://ditaarisky.wordpress.com/
(03042018:22.00 wita)
. 2017.Daya
Guna.
http://hiblogku.blogspot.co.id/2017/01/daya-guna.html
(03.042018
: 23.00 wita)
lovedreammm.2014.Daya Guna Heuristik Dalam Usability.
http://lovedreammm.blogspot.co.id/2014/12/daya-guna-heuristik-dalam-usability.html
(03042018 : 24.00 wita)
tugaskampusamik.2017. Tugas Interaksi Manusia Dengan Komputer III.
http://tugaskampusamik.blogspot.co.id/2017/05/tugas-interaksi-manusia-dan-komputer-iii.html (03042018 : 13.00 wita)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar