Selasa, 03 April 2018

DAYA GUNA DAN DESAIN

TUGAS INDIVIDU III --> INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

BAB V
DAYA GUNA

1.      Apa yang dimaksud dengan Internasional Organization for Standardization (ISO)? Serta Jelaskan Atribut daya guna menurut ISO 1998!
Jawab:
ISO adalah suatu asosiasi global yang terdiri dari badan- badan standarisasi nasional yang beranggotakan tidak kurang dari 140 negara. ISO merupakan suatu organisasi di luar pemerintahan yang berdiri sejak tahun 1947.
Atribut daya guna menurut ISO 1998 yaitu tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunakan (ISO,1998).
1.    Efektifitas :  ketelitian dan kelengkapan dimana user mencapai tujuan.
2.    Efisiensi : sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user.
3.    Kepuasan : bebas dari ketidak nyamanan dan sikap positif  dalam menggunakan produk.

2.        Sebutkan dan jelaskan 6 atribut daya guna!
Jawab:
Terdapat 6 atribut daya guna antara lain :
1   Efektifitas : ketelitian dan kelengkapan dimana penggguna mencapai gol  mereka.
2.  Learnabilitas : mudah untuk dipelajari untuk user baru
3.  Efesiensi : steady state penampilan pengguna ahli
4.  Memorabilitas :mudah didalam menggunakan sistem dan perintah-perinyahnya mudah diingat
5.  Kesalahan : tingkat kesalahan yang kecil
6.  Kepuasana subjectif : bagaimana sistem nyaman digunakan



3.        Jelaskan pengertian daya guna Heuristik serta sebutkan prinsip- prinsipnya!
Jawab:
Daya Guna HEURISTIK Merupakan prinsip atau panduan untuk merekayasa bentuk user interface dengan 10 prinsip :
a.  Dialog yang Sederhana dan Alami 
User interface mestilah seringkas mungkin dan bersifat natural dialogue. Setiap dialog seharusnya menghindari perintah-perintah yang tidak perlu dan tidak ada hubungannya dengan interface, karena untuk setiap elemen baru yang ditambahkan merupakan sebuah masalah baru yang harus dipelajari oleh pengguna.
Pendekatan yang harus digunakan adalah dengan hanya menampilkan perintah yang diperlukan.
b.  Berbicara dengan Bahasa Pengguna 
Dialog seharusnya menggunakan bahasa yang dipahami oleh user. Penggunaan singkatan dan bahasa yang  tidak jelas harus dihindari. Menghindari perintah-perintah yang berorientasi mesi atau bahasa pemrograman.
c.  Mengurangi Beban Ingatan Pengguna 
User tidak seharusnya dibebani untuk menginat atau menghafal pada saat berinteraksi dengan sistem.
d.  Konsisten 
User interface yang konsisten terlihat dalam menampilkan suatu interface yang menghindarkan user dari kesalahan saat menggunakan suatu perintah atau fungsi untuk pertama kali 
e.  Sistem Timbal Balik 
Sistem sebaiknya memberitahu pengguna atas segala aktifitas yang sedang berlangsung (status sistem) . Sistem yang menunggu input dari pengguna, memproses input, menampilkan output, dll 
f.  Jalan Keluar yang Jelas 
Sistem harus dapat memberikan penjelasan tentang kondisi dan solusi untuk menghindari user terjebak dalam tampilan-tampilan yang tidak diinginkan saat berinteraksi dengan sistem 
g.  Jalan pintas 
Berguna untuk membantu user agar dapat menggunakan berbagai fungsi dengan mudah.
h.  Pesan Kesalahan yang Baik 
Sistem sebaiknya menyediakan mekanisme pemberitahuan kesalahan dan menunjukan situasi bahwa user berada dalam kondisi bermasalah serta membantu user untuk lebih memahami sistem.
Pesan-pesan kesalahan yang baik (good error messages,  aturan dalam menampilkan
pesan kesalahan: 
-  Pesan kesalahan yang digunakan harus jelas dan mudah dipahami 
-  Pesan yang disampaikan harus bersifat khusus 
-  Pesan kesalahan hendaknya menyediakan  cadangan penyelesaian  atas kesalahan yang  dilakukan 
-  Penyampaian pesan dilakukan dengan sopan 
i.  Mencegah Kesalahan
Sistem interface yang baik harus mampu membuat user menghindari kesalahan.
j.  Bantuan dan Dokumentasi 
Merupakan kemudahan yang diberikan dalam kebanyakan sistem, menjelaskan cara menggunakan sistem, ciri-ciri khusus sistem, dan mengizinkan user untuk mengendalikan sistem dengan lebih baik.

BAB VI
DESAIN
1.   Menurut anda, Mengapa dalam membuat desain interface membutuhkan desain yang universal( diterima secara umum)?
Jawab:
Karena setiap user interface akan memperhatikan desain yang baik untuk universal, artinya ketika kita membuat suatu desain kita harus lebih kreatif agar pengguna interface dapat menerima desain yang universal

2.        Apa yang dimaksud dengan User Centered Design(UCD) ? Jelaskan!
Jawab :
UCD  (user Centered Design) merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. UCD didefinisikan sebagai "efficiency" the practice of designing a product so that users can perform required operation, service, and supportive tasks with a minimum of stress and maximum of efficiency. Perancangan berbasis pengguna (UCD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah pengguna sebagai pusat dari pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna.

3.        Sebutkan dan jelaskan komponen antar muka!
Jawab :
a. Model pengguna : model konseptual yang diinginkan pengguna dalam memanipulasi informasi dan proses yang diaplikasikan pada informasi tersebut.
b. Bahasa perintah (command language) : peranti pemanipulasian model, idealnya dengan menggunakan bahasa alami.
c. Umpan balik : untuk memberi keyakinan bahwa program telah menerima perintah pengguna dan dapat memahami maksud perintah tersebut termasuk kemampuan sebuah program yang membantu pengguna untuk mengoperasian program itu sendiri.
d. Tampilan informasi : digunakan untuk menunjukkan status informasi atau program ketika pengguna melakukan suatu tindakan.




DAFTAR PUSTAKA
Ditaarisky.2016. Daya guna.
https://ditaarisky.wordpress.com/ (03042018:22.00 wita)

Bheta, Mahariaman . 2017.Daya Guna.
http://hiblogku.blogspot.co.id/2017/01/daya-guna.html (03.042018 : 23.00 wita)

lovedreammm.2014.Daya Guna Heuristik Dalam Usability.


tugaskampusamik.2017. Tugas Interaksi Manusia Dengan Komputer III.



                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar