TUGAS INDIVIDU IV --> INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
BAB VII
POTOTYPING
1.
Menurut anda,
Apakah manfaat menggunakan pototype sistim? Jelaskan!
Jawab :
Sebelumnya, pototyping adalah Prototyping
adalah pengembangan yang cepat dan pengujian terhadap model kerja (prototipe)
dari aplikasi baru melalui proses interaksi dan berulang-ulang yang biasa
digunakan ahli sistem informasi dan ahli bisnis.
Manfaat menggunakan pototype sitem yaitu
- Menghasilkan syarat yang lebih baik dari produksi yang
dihasilkan oleh metode ‘spesifikasi tulisan’.
- Pemakai
dapat mempertimbangkan sedikit perubahan selama masih bentuk prototipe.
- Memberikan
hasil yang lebih akurat dari pada perkiraan sebelumnya, karena fungsi yang
diinginkan dan kerumitannya sudah dapat diketahui dengan baik.
- User
merasa puas. Pertama, user dapat mengenal melalui komputer. Dengan melakukan
prototipe (dengan analisis yang sudah ada), user belajar mengenai komputer dan
aplikasi yang akan dibuatkan untuknya. Kedua, user terlibat langsung dari awal
dan memotivasi semangat untuk mendukung analisis selama proyek berlangsung.
2.
Mengapa kita
membutuhkan prototype sistem?
Jawab :
Karena, Sejak kebutuhan (Spesifikasi Fungsi) pada umumnya berhubungan dengan
pandangan user terhadap sistem, hanya dengan prototipe tampilan bagi user sudah
cukup untuk memeriksa yang dibutuhkan. Menu-menu, bentuk tampilan input,
tampilan keluaran, atau laporan yang dicetak, pertanyaan-pertanyaan, pesanpesan
merupakan calon yang ideal untuk prototipe.
Selain itu,
perhitungan yang rumit, kumpulan update data dan realtime, dan sistem yang
bersifat scientific sangat sulit untuk dijadikan model.
3.
Apakah sebenarnya
tujuan dari prototype sistem?
Jawab :
Tujuan dari prototipe sistem adalah untuk memecahkan masalah-masalah yang
terjadi pada tipe-tipe tertentu dalam suatu sistem, seperti Kesalahpahaman
antara pemakai dan pembuat mengakibatkan perubahan yang berarti atau sistem
tidak akan pernah sempurna dalam pelaksanaannya atau sekaligus ditolak.
Sehingga dengan adanya prototipe sistem hal-hal tersebut dapat diminimalisir.
BAB VIII
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
1. Apa yang anda
ketahui tentang jenis - jenis kesalahan yang sering terjadi pada suatu program
komputer? Jelaskan disertai dengan contoh!
Jawab :
Jenis-jenis kesalahan yang sering terjadi pada komputer adalah sebagai
berikut:
1. Crash, adalah istilah lain untuk komputer yang mati karena harddrive atauu
driver yang tidak cocok. Crash
biasanya lebih parah dari hang. Crash biasanya disertai dengan peringatan,
pesan, atau perilaku aneh dari komputer.
2.
Hang, disebut hang jika komputer tidak reponsif oleh input user, atau dengan
kata lain komputer menjadi beku dan tidak bereaksi ketika pengguna menginputkan
sesutu ke komputer.
3.
Bug, adalah kesalahan atau error pada program komputer yang disebabkan
oleh sistem operasi maupun program yang terinstal di dalamnya. Error ini bisa
muncul karena kesalahan pemrogaman,baik kesalahan logis atau kesalahan
pemrogaman yang memungkinkan sistem operasi hang atau crash . perlu
diperhatikan bahwa bug antara dua program bersama-sama berinteraksi
menghasilkan bug yang baru dan tak terduga.
2.
Bagaimanakah pesan
kesalahan ( error message ) yang baik digunakan untuk sistem?
Jawab :
1. Pesan kesalahan
tersebut baik karena pesan kesalahan tersebut singkat dan jelas, serta
menyediakan beberapa solusi yang dibutuhkan.
2. Pesan kesalahan
tersebut baik karena menjelaskan eror yang terjadi dengan title pada task
barnya, juga mendeskripsikan dan menjelaskan masalah yang terjadi, bahkan
solusinya sekaligus.
3.
Pesan kesalahan
tersebut baik, karena selain menggunakan bahasa yang singkat dan padat, ia juga
memberitahukan seputar masalah yang terjadi, yaitu alamat tempat penyimpanan
yang ternyata full.
4. Pesan kesalahan diatas
adalah pesan kesalahan yang baik karena jelas perintahnya juga menggunakan
perpaduan huruf besar dan huruf kecil.
5.
Pesan kesalahan
tersebut merupakan pesan kesalahan yang baik karena menggunakan perintah yang
singkat dan jelas hingga user langsung mengetahui masalah tersebut
REFERENSI
Abhique.2012. Metode Prototyping Dalam Pengembangan Sistem Informasi (Lengkap).
Sagai, lon..2014.IMK_Prototyping ( Soal dan Jawaban) .
http://lonsagai.blogspot.co.id/2014/01/imkprototyping-soal-dan-jawaban.html
(15.04.18 : 23.41)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar