Minggu, 15 April 2018

PROTOTYPING DAN PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI



TUGAS INDIVIDU IV --> INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


BAB VII

POTOTYPING



1.             Menurut anda, Apakah manfaat menggunakan pototype sistim? Jelaskan!

Jawab :

               Sebelumnya, pototyping adalah Prototyping adalah pengembangan yang cepat dan pengujian terhadap model kerja (prototipe) dari aplikasi baru melalui proses interaksi dan berulang-ulang yang biasa digunakan ahli sistem informasi dan ahli bisnis.

Manfaat menggunakan pototype sitem yaitu
-      Menghasilkan syarat yang lebih baik dari produksi yang dihasilkan oleh metode ‘spesifikasi tulisan’.
-        Pemakai dapat mempertimbangkan sedikit perubahan selama masih bentuk prototipe.
-     Memberikan hasil yang lebih akurat dari pada perkiraan sebelumnya, karena fungsi yang diinginkan dan kerumitannya sudah dapat diketahui dengan baik.
-      User merasa puas. Pertama, user dapat mengenal melalui komputer. Dengan melakukan prototipe (dengan analisis yang sudah ada), user belajar mengenai komputer dan aplikasi yang akan dibuatkan untuknya. Kedua, user terlibat langsung dari awal dan memotivasi semangat untuk mendukung analisis selama proyek berlangsung.

2.             Mengapa kita membutuhkan prototype sistem?
Jawab :
          Karena, Sejak kebutuhan (Spesifikasi Fungsi) pada umumnya berhubungan dengan pandangan user terhadap sistem, hanya dengan prototipe tampilan bagi user sudah cukup untuk memeriksa yang dibutuhkan. Menu-menu, bentuk tampilan input, tampilan keluaran, atau laporan yang dicetak, pertanyaan-pertanyaan, pesanpesan merupakan calon yang ideal untuk prototipe.
Selain itu, perhitungan yang rumit, kumpulan update data dan realtime, dan sistem yang bersifat scientific sangat sulit untuk dijadikan model.

3.             Apakah sebenarnya tujuan dari prototype sistem?
Jawab :
Tujuan dari prototipe sistem adalah untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi pada tipe-tipe tertentu dalam suatu sistem, seperti Kesalahpahaman antara pemakai dan pembuat mengakibatkan perubahan yang berarti atau sistem tidak akan pernah sempurna dalam pelaksanaannya atau sekaligus ditolak. Sehingga dengan adanya prototipe sistem hal-hal tersebut dapat diminimalisir.


BAB VIII
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI

1.         Apa yang anda ketahui tentang jenis - jenis kesalahan yang sering terjadi pada suatu program komputer? Jelaskan disertai dengan contoh!
Jawab :
Jenis-jenis kesalahan yang sering terjadi pada komputer adalah sebagai berikut:
1.    Crash, adalah istilah lain untuk komputer yang mati karena harddrive atauu  driver yang tidak cocok. Crash biasanya lebih parah dari hang. Crash biasanya disertai dengan peringatan, pesan, atau perilaku aneh dari komputer.
2.      Hang, disebut hang jika komputer tidak reponsif oleh input user, atau dengan kata lain komputer menjadi beku dan tidak bereaksi ketika pengguna menginputkan sesutu ke komputer.
3.      Bug,  adalah kesalahan atau error pada program komputer yang disebabkan oleh sistem operasi maupun program yang terinstal di dalamnya. Error ini bisa muncul karena kesalahan pemrogaman,baik kesalahan logis atau kesalahan pemrogaman yang memungkinkan sistem operasi hang atau crash . perlu diperhatikan bahwa bug antara dua program bersama-sama berinteraksi menghasilkan bug yang baru dan tak terduga.

2.             Bagaimanakah pesan kesalahan ( error message ) yang baik digunakan untuk sistem?
Jawab :

  1.   Pesan kesalahan tersebut baik karena pesan kesalahan tersebut singkat dan jelas, serta menyediakan beberapa solusi yang dibutuhkan.

2.    Pesan kesalahan tersebut baik karena menjelaskan eror yang terjadi dengan title pada task barnya, juga mendeskripsikan dan menjelaskan masalah yang terjadi, bahkan solusinya sekaligus.

3.      Pesan kesalahan tersebut baik, karena selain menggunakan bahasa yang singkat dan padat, ia juga memberitahukan seputar masalah yang terjadi, yaitu alamat tempat penyimpanan yang ternyata full.

4.  Pesan kesalahan diatas adalah pesan kesalahan yang baik karena jelas perintahnya juga menggunakan perpaduan huruf besar dan huruf kecil.

5.       Pesan kesalahan tersebut merupakan pesan kesalahan yang baik karena menggunakan perintah yang singkat dan jelas hingga user langsung mengetahui masalah tersebut
  






REFERENSI

Abhique.2012. Metode Prototyping Dalam Pengembangan Sistem Informasi (Lengkap).


Sagai, lon..2014.IMK_Prototyping ( Soal dan Jawaban) .

Maya, Nur .2013. Jenis-Jenis Kesalahan Yang Terjadi Pada Komputer. http://portalberitakita.blogspot.co.id/2013/10/jenis-jenis-kesalahan-pada-komputer.html  (15.04.18: 00.00)

Stephen, Edy Bill.2014. Contoh Pesan Kesalahan yang Baik dan Buruk.

http://edybillstephen.ilearning.me/2014/04/25/contoh-pesan-kesalahan-yang-baik-dan-buruk/ (16.04.18: 00.13)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar